Abbi Angkasa Perdana - 5 Founder Raksasa Yang Dipimpin Oleh Wanita Cerdas

5 Founder Raksasa Yang Dipimpin Oleh Wanita Cerdas

Start Up adalah bisnis baru, terkait dengan teknologi dan pengembangannya. Mirip dengan bisnis lain, seringkali wanita memiliki peran besar untuk industri ini. Begitu pula dengan bisnis yang baru dimulai, sesedikit nama wanita yang menjadi orang di balik industri ini. Beberapa wanita tangguh ini bahkan memimpin start-up raksasa. Siapa mereka?

Ginni Rometty

Nama asli Ginni Rometty adalah Virginia Marie Nicosia. Ginni adalah orang tertinggi di International Business Machines (IBM). Ginni memulai karirnya di IBM sebagai System Engineer pada tahun 1981. Pada tahun 2002, Ginni berhasil meyakinkan konsultan PricewaterhouseCooper untuk berintegrasi dengan IBM. Kerja keras dan kesetiaan Ginni akhirnya membawa Ginni ke posisi CEO IBM. Bertindak sebagai CEO IBM, Ginni membuat terobosan dalam mengkomersilkan perangkat lunak Watson. Pada akhir 2012, Ginni berhasil menjadi orang nomor satu di IBM. Ginni mendapat posisi sebagai presiden, ketua dan CEO IBM.

Susan Wojcicki

Di awal karirnya, Susan Wojcicki menjadi manajer pertama Google pada tahun 1999. Susan memiliki peran dalam dua akuisisi terbesar Google, tepatnya pembelian YouTube pada tahun 2006. Susan juga berperan dalam pembelian DoubleClick pada tahun 2007. Susan akhirnya berhasil menjadi CEO Youtube karena prestasinya. Susan tidak hanya seorang wanita karir tetapi juga seorang ibu rumah tangga yang baik. Susan adalah ibu dari lima anak. Menurut Susan, keseimbangan keluarga dan karier sangat berpengaruh pada kesuksesan karier wanita.

Sheryl Sandberg

Facebook adalah media sosial yang sangat populer. Di balik kehebatan Facebook, ternyata ada seorang wanita yang berhasil memimpin. Sheryl Sandberg adalah COO Facebook. Dia adalah wanita di balik kesuksesan Facebook. Sheryl sebelumnya bekerja sebagai Wakil Presiden Penjualan Online Global di Google. Kerja keras Sheryl telah berhasil membawa Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia. Sheryl memiliki andil besar di Facebook. Dia telah mengembangkan sistem periklanan independen Facebook. Sheryl tidak hanya dikenal karena profesionalismenya di tempat kerja tetapi juga sebagai ibu dari dua anak.

 

Marissa Mayer

Marisa memilih untuk bekerja di Google, yang pada waktu itu adalah perusahaan baru setelah lulus dari Universitas Stanford. Saat itu, Marissa ingin belajar banyak dari orang-orang pintar. Marissa adalah insinyur wanita pertama di bagian Google coding. Lambat laun, Marissa menyadari bahwa keahlian dan bakatnya tidak ada di bagian pengkodean. Marissa kemudian mencari keterampilan lain darinya yang dapat berkontribusi untuk Google. Marissa akhirnya berhasil menjadi orang terakhir yang memutuskan tentang penampilan pengguna Google, apakah tampilannya sesuai dengan gaya dan standar Google. Pada 2011, di usia muda, Marissa menerima tawaran untuk menjadi presiden dan CEO Yahoo.

Catherine Hindra Sutjahyo

Indonesia juga memiliki banyak wanita kuat yang berada di bidang start-up, salah satunya adalah Catherine Hindra Sutjahyo. Catherine adalah salah satu pendiri dan direktur Zalora Indonesia. Zalora Indonesia adalah raksasa e-commerce yang merupakan bagian dari Rocket Internet dan diluncurkan pada 2012 di Indonesia. Catherine adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola pendanaan dari perusahaan-perusahaan seperti Rocket Internet dan JP Morgan yang mencapai jutaan dolar.

Reply